-->

Rekomendasi Untuk Anda :

Jagung Manis, Produksi Hasil Pertanian yang Menggiurkan

Siapa yang tidak tahu dengan komoditi jagung manis? komoditi yang mempunyai nama lain Zea may Saachrata sering dikonsumsi oleh berbagai ka...

10/06/2016

Kegiatan Peningkatan Kapasitas Tenaga Penyuluh Pertanian

Pada kesempatan kali ini saya akan menulis sebuah artikel tentang kegiatan peningkatan kapasitas tenaga penyuluh pertanian/perkebunan.

Pada setiap proses penyuluhan pertanian terjadi proses komunikasi. pesan dalam proses komunikasi tersebut disampaikan dalam berbagai bentuk. salah satunya adalah dalam bentuk tulisan. perlunya sebuah tulisan dalam sebuah komunikasi adalah untuk kesamaan persepsi. sebuah proses komunikasi dapat terhambat dalam tiga faktor, yaitu:
  • Faktor fisik, yang artinya secara fisik pesan itu tidak sampai. sebagai contoh, pesan tertulis yang dikirim melalui pos tidak sampai karena terjadi pemogokan, atau pesan tegrtulis sampai, tetapi tidak terbaca karena luntur akibat kena air hujan.
  • Faktor Intelektual, yang artinya bahwa pesan yang disampaikan itu tidak dapat dimengerti;
  • Faktor Emosional, yang artinya pesan itu diterima dan sebetulnya dapat dimengerti, akan tetapi emosinya tidak siap untuk menerima pesan itu. yang termasuk contoh faktor emosional adalah, ngantuk, pusing, sedang banyak masalah, dan lain sebagainya.
Kegiatan Peningkatan Kapasitas Tenaga Penyuluh Pertanian
Dalam kegiatan penyuluhan pertnaian, sangatlan dibutuhkan keterampilan dalam hal penulisan. dan berikut adalah beberapai fungsi tulisan dalam penyuluhan pertanian:
  • Memberitakan-menjelaskan-memebritahu;
  • mengingatkan;
  • mengajak-menganjurkan;
Rumus umum menulis dalam penyuluhan pertanian dibagi menjadi beberapa bagian, diantaranya yaitu:
  • Mengapa anda menulis;
  • Untuk apa anda menulis;
  • Apa yang akan anda tulis;
  • Bagaimana anda akan menulisakannya;
Penjelasn lebih lanjut tentang rumus tulisan dalam penyuluhan pertanian, Klik disini
Kegiatan Peningkatan Kapasitas Tenaga Penyuluh Pertanian Rating: 9 dari 10

No comments:

Post a Comment