Pada kesempatan kali ini saya akan menulis sebuah artikel yang berkaitan dengan pengembangan Agribisnis Perdesaan. berbeda dengan artikel sebelmunya, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba menjelaskan materi tentang identifikasi dan alanilisis pasar.
Identifikasi Pasar
Pasar adalah tempat pertemuan antara penjual dan pembeli, yang didalamnya terdapat sebuah kekuatan-kekuatan permintaan dan penawaran yang saling bertemu untuk membentuk suatu harga. Pasar berdasarkan wilayah pemasaran meliputi pasar desa, pasar kecamatan dan kabupaten/kota.
Kebutuhan pasar adalah permintaan pembeli/konsumen yang berada di pasar tersebut yang meliputi macam/jenis, kuantitas/jumlah, kualitas/mutu, kontinuitas/kesinambungan dan harga komoditas serta waktu ketersediaan komoditas tersebut.
kegiatan identifikasi dan analisis pasar merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting dalam menunjang keberhasilan kegiatan pengembangan usaha agribisnis perdesaan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pelaku utama dalam memperoleh informasi tentang produk/komoditi yang dibutuhkan pasar yang menyangkut jenis, jumlah, kualitas, spesifikasi, harga dan lain sebagainya.
Hasil yang akan diperoleh dari kegiatan ini yaitu para pelaku agribisnis akan mengetahui daftar prioritas jenis produk/komoditi yang sesuai dengan permintaan pasar. Dengan demikian, para pelaku agribisnis mempunyai peluang yang lebih besar sebelum melakukan transaksi.
Dalam pelaksanaan identifikasi dan analisis pasar biasanya dibutuhkan sebuah tim khusus pengkaji Agribisnis Desa. Tim Kajian Agribisnis Desa sebagaimana dimaksud bertugas untuk mengumpulkan data/informasi yang akurat, sebab data/informasi yang salah atau keliru dapat menghsailkan keputusan dan tindakan yang keliru pula.
demikian artikel tentang Identifikasi dan analisis pasar ini saya buat, semoga bisa menjadi sumber untuk meningkatkan pengetahuan anda terhadap agribinis perdesaan.
No comments:
Post a Comment