-->

Rekomendasi Untuk Anda :

Jagung Manis, Produksi Hasil Pertanian yang Menggiurkan

Siapa yang tidak tahu dengan komoditi jagung manis? komoditi yang mempunyai nama lain Zea may Saachrata sering dikonsumsi oleh berbagai ka...

6/14/2017

Jagung Manis, Produksi Hasil Pertanian yang Menggiurkan

Siapa yang tidak tahu dengan komoditi jagung manis? komoditi yang mempunyai nama lain Zea may Saachrata sering dikonsumsi oleh berbagai kalangan. Baik itu untuk dijadikan sayuran, maupun dikonsumsi secara langsung di bakar.

Jagung manis tergolong ke dalam komoditi yang rentan terhadap serangan hama kalau dibandingkan dengan jenis jagung biasa, oleh karena itu harga jual jagung manis berbeda dan lebih tinggi daripada jagung biasa.

Untuk menghasilkan panen jagung yang optimal, maka perlu ketekunan dan keseriusan dalam bdidaya jagung manis itu sendiri. Berikut adalah beberapa tips budidaya jagung manis yang ideal untuk pengembangan usaha agribisnis:
jagung manis

1. Pengolahan Lahan

Metode penyiapan lahan alangkah baiknya menggunakan metode manual, yait dengan cara di cangkul, kemdian buatlah bedengan dengan lebar 1 meter dan tinggi 20-30 cm dengan jarak ideal antar bedeng mencapai 30 cm. Dalam satu bedengan lahan terdapat dua larikan tanam. Agar hasil maksimal, berikan pupuk dasar dengan menggunakan kotoran ayam atau kotoran sapi dan atau kotoran kambing dengan komposisi 1:1, sebarkan secara merata keseluruh tanam. Kebutuhan pupuk dasar ini diperkirakan sebanyak 5 ton/Hektare.

2. Budidaya dan Perawatan

Idealnya budidaya jagng manis harus dilakukan dengan cara di tugal. Berikut adalah penjelasannya. Pertama-tama buatlah lubang tanam sedalam 2-3 cm pada lahan tanam. Beri jarak antar lbang tanam sekitar 60-75cm. Masukan 2 butir benih jagung manis, lalu tutup dengan tanah. Siram secara berkala agar kelembaban tanah terjaga sehingga bibit bisa cepat tumbuh. Untuk kebutuhan benih idealnya diperlukan sekitar 8 Kg/Hektare. Lakukan peraatan dan pemberian obat secara berkala dengan takaran dosis yang tepat.

3. Pemanenan

Jagung manis idealnya akan mulai berbunga pada umur 50 hari setelah tanam. Maka lakukan pemanenan muda terlebih dahulu. Pemanen muda adalah pemanenan jagung yang berada di paling pangkal. Tujuannya adalah untuk menghasilkan panen yang maksimal. Panen jagung bisa dilakukan saat umur jagung berkisar antara 65-75 hari setalah panen.

Demikian beberapa tips Pengembangan Usaha Agribisnis dengan menggunakan komoditi jagung manis ini saya sampaikan. Bagi anda yang fokus terhadap pertanian, dan mempunyai lahan perkebunan kosong, alternative budidaya jagng manis ini akan sangat membantu anda dalam meningkatkan pendapaan dari hasil pertanian/ Semoga bermanfaat.


Jagung Manis, Produksi Hasil Pertanian yang Menggiurkan Rating: 9 dari 10

No comments:

Post a Comment