-->

Rekomendasi Untuk Anda :

Jagung Manis, Produksi Hasil Pertanian yang Menggiurkan

Siapa yang tidak tahu dengan komoditi jagung manis? komoditi yang mempunyai nama lain Zea may Saachrata sering dikonsumsi oleh berbagai ka...

7/24/2018

Ayam Ketawa

Pada kesempatan kali ini admin akan berbagi informasi tentang studi Ayam Ketawa. yang mana informasi ini tentunya masih mempunyai kolerasi dengan dunia peternakan dalam cakupan bidang pertanian.

Gambaran Umum Ayam Ketawa

Dalam bahasa bugis ayam ketawa disebut juga dengan sebutan "Manu Gaga" yang mana jenis ayam ini termasuk dalam kategori unggas atau hewan yang dilindungi, karena populasi ayam ketawa tersebut sudah hampir punah.

Habitat asli Ayam Ketawa adalah dari Kabupaten Sidrap, Makasar, Sulawesi Selatan. Seperti namanya, Ayam ini disebut sebagai Ayam Ketawa karena suara kokok nya menyerupai orang yang sedang tertawa. Dilihat dari bentuk fisik, ukuran dan warna bulu, Ayam Ketawa hampir mirip dengan ayam kampung biasa. Perbedaan yang paling menonjol yaitu dari usia Ayam bisa berkokok, Ayam Ketawa lebih muda yaitu pada umur 3 bulan.

Selain dari penjelasan diatas, dalam hal bertelur Ayam Ketawa betina mampu menghasilkan 11-13 telur. Tetapi kemungkinan besar berpotensi gagal pada telur pertama dan ketiga, untuk telur selanjutnya yaitu telur ketiga dan keempat akan menghasilkan embrio. 

Berikut adalah beberapa jenis dari Ayam Ketawa yang mungkin belum anda ketahui;

  1. Gretek adalah Ayam bangkok yang mengeluarkan suara seperti halnya orang ketawa dengan frekuwensi suara yang sangat cepat saat berkokok;
  2. Gaga adalah Ayam bangkok yang interval suaranya lambat dan terputus seperti nyaris tersendat atau berhenti namun masih berlanjut;
  3. Dodo adalah jenis Ayam Ketawa yang suara berkokoknya sangat menyentuh sang pendengar.
Bagi anda yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang studi Ayam ketawa, silahkan download informasi selengkapnya pada link download yang telah kami sediakan dibawah ini.
Ayam Ketawa

Cara Pemeliharaan Ayam Ketawa

Terdapat beberapa cara untuk membuat atau mengupayakan Ayam Ketawa supaya mempunyai suara berkokok yang sangat merdu. Kalau Ayam Ketawa yang anda miliki belum semerdu Ayam Ketawa lainnya, maka upaya yang anda harus lakukan adalah dengan cara melakukan pelatihan stimulan atau perangsang dengan cara sering memperdengarkan kokok ayam ketawa lain kepada ayam ketawa milik anda.

Selain upaya diatas, peternak harus juga memperhatikan kebersihan lingkungan kandang ayam tentunya agar si ayam merasa nyaman dan terjaga kesehatannya. Jangan lupa juga untuk memandikan ayam secara rutin minimal 3 hari satu kali. Setelah dimandikan Ayam Ketawa bisa dijemur dibawah sinar Matahari, kemudian Ayam Ketawa tersebut digantung dalam kandang seperti halnya akan mengikuti kontes.

Seperti halnya manusia yang membutuhkan penambah stamina, dalam menjaga staminanya Ayam Ketawa juga harus sering diberi asupan herbal seperti jamu ramuan tradisional, yang terdiri dari beberapa bahan alami seperti madu, tomat, jahe dan bayam. Cara membuat ramuan penambah Stamina Ayam Ketawa yaitu dengan cara menumbuk halus semua bahan dimaksud sampai mencair, kemudian cairan tersebut dimasukan kedalam mulut Ayam Ketawa dengan menggunakan spet atau suntikan yang masih baru tanpa menggunakan jarum.

Bagaimana sob ? tertarik memelihara atau beternak Ayam Ketawa? sekian dulu dari kami penjelasan sepintas tentang beberapa jenis dan cara pemeliharaan Ayam Ketawa, Semoga bermanfaat, dan mudah-mudahan informasi yang kami sajikan bisa menjadi perangsang khususnya buat anda yang berminat memelihara Ayam Ketawa. Terima kasih
Ayam Ketawa Rating: 9 dari 10

No comments:

Post a Comment